PELAYANAN KB BERSAMA IKATAN BIDAN INDONESIA (IBI) DENGAN MOBIL PELAYANAN (MOYAN)

BONDOWOSO.-  Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bondowoso dalam hal ini Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera dan Penyuluh KB Kecamatan Grujugan bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia ( IBI ) mengadakan kegiatan Pelayanan KB dalam rangka Praktek Lapangan  CTU (Contraceptive Technology Update)  di Puskesmas Grujugan pada hari Selasa, tanggal 20 Pebruari 2018.

Pelaksanaan Praktek Lapangan  CTU (Contraceptive Technology Update) CTU merupakan suatu upaya untuk pemutakhiran informasi dan teknologi kontrasepsi dan dirancang untuk menyiapkan petugas kesehatan agar mampu memberikan pelayanan Keluarga Berencana (KB) yang efektif dan berkualitas.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar bidan yang sudah terlatih dapat melaksanakan dan mempraktekkan materi yang didapat melalui kegiatan ini, sehingga kegiatan ini benar -benar bermanfaat dan tidak hanya sampai di sini saja tapi berlanjut.

Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Efektif (MKE) merupakan metode kontrasepsi jangka panjang yaitu IUD (Intra Uterine Device)  sering disebut dengan KB spiral dan metode KB Implant atau Susuk.

   

Pelayanan KB direncanakan  menjaring calon peserta KB Implant sebanyak 70  Orang dan IUD sebanyak 5 Orang. tetapi setelah dilakukan pelayanan KB,  yang menjadi peserta KB Implant =  31 Orang dan IUD = 4 Orang. Pelayanan KB  yang di mulai pukul o8.00 WIB  berakhir pada jam 13.00 WIB.

Keluarga sejahtera dan sehat mandiri merupakan tujuan utama pembentukan keluarga yang sejahtera. Hal ini sesuai dengan tujuan adanya Badan Koordinator Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yaitu agar fungsi keluarga  berada pada kondisi optimal, peningkatan fungsionalisasi dan struktur yang jelas, maka dari itu perlu peran lembaga yang menangani secara terdesentralisasi, terutama pada bidang program Keluarga Berencana (KB).   ( Admin )

 

 

 

 

 

 



Tinggalkan Balasan