MINI LOKAKARYA KAMPUNG KB TAHUN 2018 di KECAMATAN BOTOLINGGO

BONDOWOSO; Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana melalui Penyuluh KKBPK Kecamatan Botolinggo Kamis, (19/7/2018) mengadakan Kegiatan Mini Lokakarya Kampung KB di Dusun Jumas Dua, Desa Gayam Kecamatan Botolinggo. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Gayam, Kasi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Botolinggo , Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan , PPL Pertanian , Petugas Kesehatan Lingkungan dari Pusat Kesehatan Masyarakat ( PKM) Kecamatan Botolinggo , Kepala Dusun, seluruh Ketua RT Jumas Dua, Kader KB dan Kader Poktan.

Mini Lokakarya Kampung KB merupakan kegiatan  yang menjembatani masalah Masyarakat dengan instansi terkait. Masalah yang terjadi di masyarakat antara lain tentang data kelurga miskin , Jumlah anak usia sekolah yang tidak sekolah , anak yang tidak mempunyai akte , warga yang tidak mempunyai KTP dan KK , keluarga yang belum punya jamban dsb. Sehingga perlu di musyawarahkan masalah-masalah tersebut dan diupayakan solusinya yaitu dengan cara berkoordinasi dan bekerjasama dengan instansi terkait.

Kepala Dinas PPKB Melalui Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Botolinggo, Surnadi, S.Sos, berpesan “bahwa Kehadiran Kampung KB adalah ujung tombak dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di dimana kampung KB tersebut dibentuk. Melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Pada Kampung KB terdapat keterpaduan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dengan pembangunan sektor terkait dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, mitra kerja, pemangku kepentingan serta partisipasi langsung masyarakat setempat yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

Kegiatan Mini Lokakarya Kampung KB diadakan di setiap kecamatan dan diusahakan dilakukan secara continue, serta peran aktif Masyarakat sangat dibutuhkan dalam mensuseksan Program KB.(admin)



Tinggalkan Balasan