BIMBINGAN TEKNIS TERPADU PENINGKATAN CAPAIAN PROGRAM KKBPK DAN KINERJA PENYULUH KB TAHUN 2018

BONDOWOSO; Dalam rangka Peningkatan Capaian Program KKBPK dan Kinerja Penyuluh KB Tahun 2018 di Kabupaten Bondowoso,  Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bondowoso mengadakan Bimbingan Teknis Terpadu. Penyelenggaraan kegiatan dilaksanakan di Gedung Sabha Bina Praja 1 Pemerintah Kabupaten Bondowoso Hari kamis (7/6/2018) oleh Tim Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur yang langsung dipimpin Kepala Perwakilan  BKKBN Provinsi Jawa Timur Bapak Yenrizal Makmur, SP, MM.

Pada Kesempatan Pertama Mengawali kegiatan Bimbingan Teknis Terpadu Peningkatan Capaian Program KKBPK dan Kinerja Penyuluh KB Tahun 2018 di Kabupaten Bondowoso,  Ibu Dra. Nunung Setianingsih, MM selaku Kepala OPD  Penanggung jawab pelaksanaan Program Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bondowoso  menyampaikan terimakasih dan memberikan Laporan  sekaligus memaparkan capaian program KKBPK tahun 2017 dan Rencana Kerja tahun 2018 sebagai gambaran pelaksanaan Program KKBPK di kabupaten Bondowoso.

Selanjutnya Ucapan selamat Datang disampaikan oleh Asisten 1 Bidang pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Bapak H. Drs. Agung Trihandono, SH, MM) sekaligus membuka kegiatan Bimbingan Teknis Terpadu Peningkatan Capaian Program KKBPK dan Kinerja Penyuluh KB Tahun 2018 di Kabupaten Bondowoso. Belau memberikan pengarahan terkait dengan Pelimpahan Tenaga Panyuluh KKBPK yang bukan merupakan bagian ASN Pemerintah daerah melainkan telah menjadi bagian dari ASN BKKBN Pemerintah Pusat. Walau demikian berdasarkan peraturan Pemerintah terhadap Pendayagunaan Tenaga Penyuluh Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga adalah kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam memanfaatkan tenaga Penyuluh KKBPK sebagai tenaga Penyuluh dan Penggerak pembangunan di bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana di Lini Lapangan.

Bimbingan Teknis Terpadu oleh Tim Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur yang langsung dipimpin Oleh kepala Perwakilan  BKKBN Provinsi Jawa Timur Bapak Yenrizal Makmur, SP, MM. dan anggota tim terdiri dari Sekretarsi perwakilan BKKBN Shoodiqin, Kepala Bidang KB Ajeng Lukitowati, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Sophia Hanik, Kepala Bidang advokasi Penggerakan dan Informasi Maria Ernawati.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur memaparkan, Hal yang sangat penting adalah Prosedur Koordinasi Penyuluh KKBPK dengan Pemerintah Daerah, berkaitan dengan pelayanan Program Kependudukan dan KB, Kemudian terkait dengan Kepegawaian Hak dan Kewajiban pegawai lebih lanjut disampaikan oleh Sekretaris BKKBN Shodiqin.

Pemateri selanjutnya keterkaitan dengan penggerakan Adovkasi adalah peningkatan SDM Hasil Karya Tulis Ilmiah, Bimbingan jurnal Ilmiah peran OPD dalam Pendaya Gunaan Penyuluh KKBPK, SKP setiap jenjang jabatan  dan E-Visum sebagai alat ukur Kinerja Penyuluh KKBPK.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk memaparkan tentang parameter kependudukan yang harus masuk dalam perencanaan daerah dengan beberpa indikator  yang menjadi sasarnya. Dan Rumah Data Kependudukan yang diketahui oleh masyarakat, sekaligus untuk menyusun profil Kampung KB.(Apipudin)



Tinggalkan Balasan