Dinas PPKB Galakkan Program Pendewasaan Usia Pernikahan

      

BONDOWOSO; Dinas PPKB Kabupaten Bondowoso dalam awal   Tahun 2019 menggalakan program “Pendewasaan Usia  Perkawinan”  kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Bondowoso. Pelaksanaan kegiatan ini menggandeng dan bekerja sama dengan jajaran Muspika yang ada di Kecamatan, Pemerintah Desa  dan Instansi terkait untuk mensukseskan program tersebut.

Di tiap Kantor Balai Penyuluhan KB se Kabupaten  Bondowoso secara  serempak memasang spanduk dengan judul “Usia Ideal Menikah”. Selain dengan Banner juga dilakukan pemasangan dengan bentuk  Banner X, Pamflet yang di pasang di tempat- tempat strategis. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dini terhadap terjadinya pernikahan dini yang masih tergolong tinggi di Kabupaten Bondowoso

Upaya yang dilakukan Dinas PPKB untuk menurunkan tingginya angka Pernikahan Dini diantaranya membuat inovasi Layanan Youth Conseling (LYC) Generasi Berencana (GENRE) yang berisi tentang pengetahuan/informasi dan melayani pertanyaan seputar  kehidupan dan permasalahan remaja. Selain itu Petugas  Penyuluh KB di wilayah Kecamatan mengintenskan Penyuluhan tentang Pendewasaan Usia  Perkawinan (PUP) melalui pertemuan rutin Kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) yang ada di Desa serta  melakukan penyuluhan ke Sekolah Menengah Atas/Sekolah Kejuruan serta Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Bondowoso melalui program PIK R (Pusat Iinformasi Konseling  Remaja).

Dalam keterangan singkatnya Kepala Dinas PPKB Kabupaten Bondowoso, Dra. NUNUNG SETIANINGSIH, MM berharap “ Semoga program ini bisa berjalan dengan baik, apalagi Bapak Bupati Bondowoso mendukung Penuh program tersebut dengan meresmikan LYC beberapa waktu lalu. Dengan Usia yang matang membuat kehidupan menjadi sehat dan terarah setelah menikah. Mereka akan  menjadi ibu yang baik bagi perempuan dan bapak yang baik bagi laki-laki. Sebagaimana keinginan Pemerintah, Usia Ideal Menikah adalah usia 25 tahun bagi laki-laki dan usia 21 tahun bagi perempuan,” imbuhnya.(admin PPKB)



Tinggalkan Balasan