INSAN GENRE KAB. BONDOWOSO adakan Aksi Simpati Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) di Car Free Day Alun-alun RBA Kironggo

 

BONDOWOSO.-  Kegiatan Aksi Simpati yang bertemakan “Don’t Think For Early Marriage”  dikemas dengan berbagai acara yaitu penampilan  musik  akustik  dari  teman – teman  Insan  GenRe Bondowoso,  Orasi  tentang  Pendewasaan  Usia   Perkawinan, Pembagian Donat dan Sticker.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pencegahan Pernikahan Usia Muda atau yang biasa disebut pernikahan dini, dimana fenomena pernikahan di usia muda saat ini masih sangat tinggi. Hal tersebut terlihat dari maraknya pernikahan usia muda pada kalangan remaja, yang kini tidak hanya terjadi di pedesaan tetapi juga kota-kota besar di Indonesia. dalam hal ini Insan GenRe Bondowoso mengimbau para remaja di khususnya di Bondowoso untuk dapat menunda usia perkawinan atau tidak buru-buru menikah. Bukan hanya baik untuk kesehatan, menunda usia perkawinan juga dapat menghindari keluarga dari keterpurukan ekonomi.

PUP sendiri adalah upaya untuk meningkatkan usia pada perkawinan pertama, sehingga mencapai usia minimal pada saat perkawinan yaitu 21  tahun  bagi wanita dan 25 tahun bagi pria. PUP bukan sekedar menunda sampai usia tertentu saja tetapi mengusahakan agar  kehamilan pertamapun terjadi pada usia yang cukup dewasa. Tujuan PUP yaitu memberikan pengertian dan kesadaran kepada remaja agar  didalam merencanakan keluarga, mereka dapat mempertimbangkan berbagai aspek berkaitan dengan kehidupan berkeluarga, kesiapan fisik, mental, emosional,  pendidikan, sosial, ekonomi serta menentukan jumlah dan jarak kelahiran.

Menikah di usia muda akan membawa banyak konsekuensi kesehatan, pendidikan, ekonomi dan sosial, disamping itu menikah di usia muda memiliki potensi lebih besar gagal (cerai) karena ketidaksiapan mental dalam menghadapi dinamika rumah tangga tanggung jawab atas peran masing masing seperti dalam mengurus rumah tangga, mencukupi ekonomi dan mengasuh anak. Inilah hal yang menjadiperhatian   pemerintah untuk menunda usia pernikahan wanita muda usia 16-19  tahun. Bukannya apa-apa, tapi memang pernikahan di usia yang sangat muda itu bisa menyebabkan kehamilan muda yang penuh resiko, baik dari segi kesehatan fisik maupun emosional.



Tinggalkan Balasan