KOMUNIKASI INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) PROGRAM KELUARGA BERENCANA DAN PEMBANGUNAN KELUARGA DI KEBUPATEN BONDOWOSO

 

 

BONDOWOSO; Undang-undang Republik Indonesia Nomor  52  Tahun  2009  tentang Perkembangan Kependudukan Dan Pembangunan Keluarga salah satunya menyebutkan bahwa dalam mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan keluarga berkualitas dilakukan upaya pengendalian angka kelahiran.

Keluarga Berencana adalah upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan, untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Pengaturan kehamilan adalah upaya untuk membantu pasangan suami istri untuk melahirkan pada usia yang ideal, memiliki jumlah anak, dan mengatur jarak kelahiran anak yang ideal dengan menggunakan cara, alat, dan obat kontrasepsi

Keluarga berkualitas adalah keluarga yang dibentuk berdasarkan perkawinan yang sah dan bercirikan sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan ke depan, bertanggung jawab, harmonis dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa

Dalam penyelenggaraan perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, setiap penduduk mempunyai hak diantaranya adalah :

  1. Mendapatkan informasi, perlindungan, dan bantuan untuk mewujudkan hak-hak reproduksi sesuai dengan etika sosial dan norma agama;
  2. Berkomunikasi dan memperoleh informasi kependudukan dan keluarga yang diperlukan untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya.

Kebijakan keluarga berencana dilaksanakan untuk membantu calon atau pasangan suami istri dalam mengambil keputusan dan mewujudkan hak reproduksi secara bertanggung jawab tentang:

  • Usia ideal perkawinan;
  • Usia ideal untuk melahirkan;
  • Jumlah ideal anak;
  • Jarak ideal kelahiran anak; dan
  • Penyuluhan kesehatan reproduksi.

Untuk membangun kepercayaan masyarakat adalah hal yang sangat penting agar  program dan kegiatan dapat berlajan, dan  diminati oleh masyarakat, maka melalui ‘’kie’’  media luar ruang (billboard) pesan pesan program keluarga  berencana telah digaungkan. Tempat yang strategis pesan program usia ideal perkawinan dengan tema’’ Generesi Berencana’’ dan usia kawin ideal ‘’ perempuan 21 tahun dan laki laki 26 tahun’’ dpasang melalui media luar ruang billboard di alun alun bondowoso tepatnya depan SMPN 1 BONDOWOSO.

 

 

 

 

 

 

 

Hal yang sangat penting pula berkaitan dengan generasi berencana mobil unit penerangan Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana bergerak secara tidak langsung memobilisasi  memberi penyuluhan, kepada masyarakat, generasi berencana,  salam Genre ‘’ katakan tidak pada nikah usia dini, sex pra nikah dan napza’’

Untuk lebih memantapka keterlibatan masyarakat dalam Pelayanan Program KB yang berkenaan dengan pengaturan kelahiran maka telah di tempatkan pula pesan program pelayanan kontrasepsi untuk masyarakat di pertigaan bunderan nangkaan jalan jember, dengan tema  “Keluarga Berencana ayo ikut KB” dan Program KKBPK mewujudkan kesejahteraan masyarakat bondowoso.

(APIPUDIN MUSTOPA)

 



Tinggalkan Balasan