ORIENTASI PENCATATAN DAN PELAPORAN PENYULUH KKBPK TAHUN 2018

BONDOWOSO; Pencatatan dan pelaporan adalah indikator keberhasilan suatu kegiatan. Tanpa ada pencatatan dan pelaporan, kegiatan atau program apapun yang dilaksanakan tidak akan terlihat tingkat keberhasilanya. Output dari pencatatan dan pelaporan ini adalah sebuah data dan informasi. Data dan informasi merupakan sebuah unsur terpenting dalam sebuah kegiatan, karena data dan informasilah yang dapat dipertangung jawabkan  tentang keberhasilan terhadap program yang dilaksanakan, dan dengan data dan pelaporan maka evaluasi dan rencana kerja berikutnya dapat disusun dengan benar.

Pelaksanaan Kegiatan Orientasi Pencatatan dan Pelaporan Penyuluh KKBPK Tahun 2018 – Kabupaten Bondowoso diawali pemateri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana dengan materi tentang kebijakan penguatan Data dan Informasi Program Kependudukan  dan KB dan Pembangunan Keluarga tahun 2018. Tujuan Rencana Strategis (RENSTRA) dinas PP dan KB Kabupaten Bondowoso adalah terwujudnya penduduk tumbuh seimbang, dengan indikator laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) dengan capaian sebesar 0,68  pada tahun 2016 dan 0,56 pada tahun 2017. sasaran yang kami garap adalah meningkatnya pengendalian kelahiran dengan indikator Total Fertility Rate (TFR) dan capaiannya adalah sebesar 1,90 pada tahun 2016.

Lebih lanjut disampaikan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk APIPUDIN MUSTOPA, S.Sos, tentang Sistem Pengolahan Data dan Informasi Program KKBPK melalui Sistem Aplikasi Keluarga (SIGA) tahun 2018, dan Evaluasi Hasil Pemutahiran Basis Data Keluarga Indonesia (PBDKI) tahun 2017. Hal yang sangat penting adalah tata cara pengelolaan Data Rutin Pelayanan KB dan tat cara Pengelolaan Data Rutin Pengendalian Lapjangan melalui aplikasi Siga, kebenaran data yang di Input membutuhkan ketelitian dalam operasional pengisian data.(apipudin)



Tinggalkan Balasan