PEMBINAAN BINA KELUARGA BALITA HOLISTIK INTEGRATIF (BKB HI)

BONDOWOSO; Bertempat di Dusun Taman Indah Desa Alassumur Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso, Penyuluh KB Kecamatan Pujer melaksanakan kegiatan pembinaan Bina Keluarga Balita  Holistik Integratif ( BKB HI ) yang diikuti oleh Penyuluh KB , Bidan Desa dan Kader BKB. Selain rutin melakukan pembinaan, kegiatan tersebut bertujuan untuk  Persiapan Lomba Posyandu Kategori Purnama Mandiri Tingkat Kabupaten Bondowoso Tahun 2019.

                  

Holistik Integratif adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi, kesehatan, pendidikan,  pengasuhan, perlindungan dan untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat pemerintah maupun masyarakat .

Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Pujer, RATNA TRIDYANTI S, S.KM menyampaikan bahwa  “tujuan Bina Keluarga Balita Holistik Integratif harus betul-betul dilaksanakan sehingga generasi kita dapat menjadi generasi yang berkualitas. Kemampuan Pengelola BKB Holistik Integratif dapat membantu Pemerintah dalam mewujudkan masyarakat dan keluarga yang sejahtera. Diharapkan dengan pembinaan rutin, kader BKB ANGGREK Desa Alassumur memiliki keunggulan, dimana Kader BKB memiliki pengetahuan yang baik dalam kedekatan dengan dunia Anak, karena hampir semua kader BKB memiliki anak balita dan konsisten dalam melaksanakan kegiatan BKB.”

Di lingkungan masyarakat telah ada berbagai kegiatan yang memberikan layanan kebutuhan dasar anak (yang meliputi pendidikan, pelayanan kesehatan dasar, imunisasi, makanan tambahan dll) seperti Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Bina Keluarga Balita (BKB), Tempat Penitipan Anak (TPA), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), kelompok bermain, dan lainnya (admin)



Tinggalkan Balasan