PEMBINAAN PENYULUH KELUARGA BERENCANA

BONDOWOSO; Dinas  Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana Kabupaten Bondowoso menyelenggarakan pembinaan terhadap Penyuluh Keluarga Berencana yang saat ini mempunyai tugas sebagai Penyuluh Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, dengan Program Keluarga Berencana dan Pengendalian Penduduk serta kegiatan dukungan penggerakan Keluarga Berencana yang terintegrasi.

Maksud dan tujuan pembinaan Penyuluh Keluarga Berencana adalah Penyuluh KB dapat memenuhi kewajiban mengusulkan Daftar Usul Penetapan Angka Kredit  (DUPAK) dengan tertib dan benar. Meningkatkan kemampuan penyuluhan dan penggerakan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga sebagai upaya Pemerintah Daerah dalam melaksanakan Pembangunan Kependudukan  Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

Pelaksanaan pembinaan sendiri dilaksanakan Jumat, 18 Mei 2018 di Aula Dinas  Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana. Pembinaan diutamakan terhadap para Penyuluh KB yang saat ini masih menunggak terhadap kewajibannya yaitu mengusulkan Daftar Usul Angka Kredit Tahun 2017.

Penyuluh KB menjadi Aparatur Sipil Negara langsung dibawah BKKBN Pusat, akan tetapi sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan di daerah dalam lampiran kewenangan Pengendalian Penduduk dan KB, ditegaskan bahwa kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota adalah pendayagunaan Penyuluh KB. Pendayagunaan Tenaga Penyuluh Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional Nomor 12 Tahun 2017

Pendayagunaan Tenaga Penyuluh Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga yang selanjutnya disebut Pendayagunaan Penyuluh KKBPK adalah kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam memanfaatkan tenaga Penyuluh KKBPK sebagai tenaga penyuluh dan penggerak pembangunan di bidang pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana di lini lapangan.

 

Lini    lapangan    adalah    rangkaian    aktifitas penyelenggaraan operasional program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di wilayah yang paling dekat dengan keluarga atau masyarakat, yaitu Kecamatan – Desa/Kelurahan – Dusun/Rukun Warga – Rukun Tetangga – Keluarga.

Layanan utama pendayagunaan Penyuluh KB adalah penyuluhan dan penggerakan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.(apipudin)



Tinggalkan Balasan