PENYULUH KB KECAMATAN TENGGARANG MENYELENGGARAKAN PEMBINAAN “BINA KELUARGA BALITA”

BONDOWOSO;  Bertempat Dusun Kampung Baru, Desa Koncer Darul Aman, Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso, Penyuluh KB Kecamatan Tenggarang menyelenggarakan kegiatan “Bina Keluarga Balita (BKB)” kegiatan ini dihadiri oleh anggota kelompok yang sebagian besar adalah ibu balita serta anggota keluarga yang lain sejumlah kurang lebih 50 balita.

Kegiatan sosialisasi dimulai dengan menyanyikan lagu mars KB, dilanjutkan dengan slogan KB dan BKB. Slogan BKB yaitu “Orang tua hebat, balita cerdas, keluarga bahagia” sedangkan slogan KB yaitu “Dua anak cukup, bahagia sejahtera“. Drs. Ribut Santoso selaku koordinator Penyuluh KB Kecamatan Tenggarang, memberikan arahan kepada Peserta bahwa sebagai Orang tua tidak hanya sekedar merawat dan membesarkan anak, melainkan juga memberikan wawasan dan pembentukan karakter pada anak. Kemampuan komunikasi dalam interaksi dengan anak juga perlu di perhatikan sehingga seorang anak perlu diajari tentang : gerakan kasar, gerakan halus, komunikasi pasif, komunikasi aktif, kecerdasan, menolong diri sendiri, tingkah laku sosial, moral, serta nilai nilai agama. Dalam mendidik tumbuh kembang anak ada beberapa jenis pola asuh yg bisa digunakan orang tua, antara lain: otoriter, permisif, demokratis, diabaikan. Otoriter yang dimaksud adalah memaksakan keinginan orang tua terhadap anak.

Dengan adanya kegiatan BKB yang diselenggarakan secara rutin tiap bulan oleh penyuluh KB diharapkan setiap keluarga akan mampu meningkatkan kemampuannya terutama dalam membina anak balitanya sehingga anak tumbuh dan berkembang secara optimal, berkepribadian luhur, cerdas, sehat, serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. (admin)

 



Tinggalkan Balasan