SOSIALISASI PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN (PUP) PROGRAM TMMD KE-110 TAHUN 2021

Bondowoso; Bertempat di Kantor Desa Klekean Kecamatan Botolinggo, Sabtu (13/3) Dinas PPKB Kabupaten Bondowoso, TNI dan aparat desa melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 110 melaksanakan kegiatan penyuluhan Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP). Kegiatan dihadiri oleh Perwakilan TNI, Kepala Desa Klekean, Penyuluh KB, Kader KB dan Ibu-ibu yang mempunyai anak usia remaja.

                             

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Dr. Untung Kuzairi, SH., M. Kes,  yang merupakan salah satu nara sumber dalam penjelasan singkatnya bahwa ”Kematian ibu dan bayi  masih menjadi perhatian bersama, mencegah pernikahan dini dengan menyadarkan kembali kepada masyarakat betapa pentingnya pengetahuan dan informasi tentang Pendewasaan Usia Perkawinan bagi anak. Kematangan organ reproduksi saat usia sudah cukup dewasa bisa menjadi faktor penentu dari kesehatan dan keselamatan waktu melahirkan sehingga bisa mencegah dan menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Selain itu dengan usia perkawinan yang matang, bisa mencegah dan menekan angka Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)  dan perceraian yang masih tinggi”

Untuk diketahui, data pernikah dini yang terekam di bagian pengendalian penduduk dinas PP dan KB Kabupaten Bondowoso Tahun 2020 adalah 37% lebih pernikahan di Bondowoso usia kurang dari 20 tahun. (wanita waktu pernikahan pertama kalinya). Pada tahun 2020 di Kabupaten Bondowoso, data angka kematian ibu sebanyak 19 orang atau 177,4/100.000 kelahiran hidup dan kematian bayi 168 kasus atau 15,6/1000 kelahiran hidup. Akhirnya, muara dari PUP ini diharapkan dapat meningkatkan IPM kabupaten Bondowoso, yang pada tahun 2020 ini berkisar pada Angka 66,43 atau tumbuh 0,51% dibandingkan tahun yang lalu pada angka IPM 66,09. Namun jika dibanding dengan IPM nasional, Kabupaten Bondowoso masih bawah rerata IPM nasional yakni pada angka 71,94.(admin)



Tinggalkan Balasan