Peringati HUT RI Ke 72, Dinas PPKB Berikan Pelayanan Kontrasepsi Mantap Medis Operasi Wanita ( MOW )

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RI ke 72 dan Hari jadi Bondowoso ke 198, Pemerintah Kabupaten Bondowoso Melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana mengadakan kegiatan Pelayanan Medis Operasi Wanita (MOW) bagi 122 orang calon  akseptor MOW se Bondowoso Minggu, 20 Agustus 2017 mulai pukul 07.00 WIB sampai 14.00 WIB. bertempat di Rumah Sakit Umum Dr. H. Koesnadi Bondowoso.

Acara yang di buka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bondowoso Dra. Nunung Setianingsih MM. menjelaskan secara singkat bahwa selain mengisi kegiatan HUT RI ke 72 dan Hari Jadi Bondowoso ke 198 kegiatan Medis Operasi Wanita (MOW) ini bertujuan membantu memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mengikuti pelayan MOW, program KB Nasional MOW adalah metode yang paling efektif untuk mengakhiri kehamilan, menekan jumlah angka kelahiran dan meningkatkan ekonomi keluarga. MOW sendiri adalah Kontrasepsi Mantap untuk membatasi kelahiran dalam jangka waktu yang tidak terbatas melalui suatu tindakan operasi kecil dengan cara mengikat dan memotong saluran telur pada istri ( tubektomi ), dengan Keluarga Kecil kebutuhan hidup tidak begitu besar dan kebutuhan pendidikan serta pelayanan kesehatan anak bisa terpenuhi secara maksimal,. Meningkatkan martabat kehidupan rakyat dengan cara menurunkan angka kelahiran sehingga pertumbuhan penduduk tidak melebihi kemampuan untuk meningkatkan reproduksi, imbuhnya.

Pelaksanaan MOW  langsung ditangani oleh tim medis dari RSAU LANUD ISWAHJUDI Madiun yang dipimpin Dr. Yudi Andriansyah, Sp.OG. M.Kes. dan didampingi 12 perawat. Juga hadir Perwakilan BKKBN Propinsi Jawa Timur 12 orang, perwakilan Badan Diklat BKKBN Jember 1 orang. Kegiatan ini melibatkan Penyuluh KB dan Petugas Lapangan KB Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana se Kabupaten Bondowoso untuk ikut berpartisipasi dalam Kegiatan tersebut. Dimulai dengan proses penapisan yang terdiri dari tes urine, periksa tekanan darah dan pramedikasi oleh tim OK yang selanjutnya dilakukan Tindakan Medis Tubektomi oleh tim medis. Peserta Medis Operasi Wanita (MOW)  tersebut diikuti 122 akseptor dari berbagai kecamatan dengan rincian sebagai berikut :

Kecamatan Bondowoso          ( 22 Akseptor )

Kecamatan Tegalampel           ( 8 Akseptor )

Kecamatan Wringin                ( 3 Akseptor )

Kecamatan Grujugan              ( 3 Akseptor )

Kecamatan Curahdami           ( 3 Akseptor )

Kecamatan Pakem                  ( 19 Akseptor )

Kecamatan Tamanan               ( 10 Akseptor )

Kecamatan Wonosari              ( 2 Akseptor )

Kecamatan Maesan                 ( 0 Akseptor )

Kecamatan Pujer                     ( 3 Akseptor )

Kecamatan Tenggarang          ( 8 Akseptor )

Kecamatan Sukosari               ( 3 Akseptor )

Kecamatan Tlogosari              ( 1 Akseptor )

Kecamatan Prajekan               ( 2 Akseptor )

Kecamatan Tapen                   ( 1 Akseptor )

Kecamatan Ijen                       ( 2 Akseptor )

Kecamatan Sumber Wringin   ( 3 Akseptor )

Kecamatan Klabang                ( 13 Akseptor )

Kecamatan Cermee                 ( 4 Akseptor )

Kecamatan Binakal                 ( 4 Akseptor )

Kecamatan Taman Krocok     ( 6 Akseptor )

Kecamatan Botolinggo           ( 2 Akseptor )

Kecamatan Jambesari Ds        ( 0 Akseptor )

Wilayah sasaran pelaksanaan Kegiatan Pelayanan KB Medis Operasi Wanita (MOW) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bondowoso Tahun 2017 adalah seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bondowoso mulai dari Desa / Kelurahan.(admin ppkb)



Tinggalkan Balasan