SOSIALISASI PROGRAM KKBPK DAN KKPBD

BONDOWOSO; Dinas PP dan KB Kabupaten Bondowoso Selasa 23 Januari 2018 melaksanakan pertemuan dengan Penyuluh KB dan Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD)  se Kabupaten Bondowoso. Pertemuan yang di laksanakan di Aula Dinas PP dan KB Kabupaten Bondowoso dihadiri langsung oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso, Drs. H. HIDAYAT,  M.Si.

Acara yang dihadiri kurang lebih 75 orang peserta dibuka langsung oleh Kepala Dinas PP dan KB Kabupaten Bondowoso, Dra, Nunung Setianingsih, MM. Beliau memberikan sedikit penjelasan bahwa PPKBD adalah Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD)  dimana Wadah Organisasi tersebut di isi oleh seorang atau beberapa kader yang secara ikhlas dan sukarela untuk berperan aktif dalam mengelola program KB di tingkat desa/kalurahan. Dibawah PPKBD ada juga Sub PPKBD yang mengelola program KB di tingkat RT/RW.  PPKBD memiliki tugas dan  tanggung jawab sebagai pembantu pembina penyelenggaraan program KKB di Desa, selain itu tugas PPKBD  juga membantu melaksanakan kegiatan penyuluhan dan pelayanan KB dan KS, membantu pembinaan pada kelompok kegiatan.

Setelah selesai memberi sedikit penjelasan kepada peserta PPKBD, Kepala Dinas PP dan KB mempersilahkan Bapak Sekretaris Daerah untuk memberi sambutan dan pengarahan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Bondowoso sangat mengapresiasi kegiatan ini dan menyebutkan bahwa setiap penduduk/masyarakat bisa berperan aktif dalam pengelolaan kependudukan dan pembangunan keluarga. Maka dari itu di bentuklah wadah organisasi berbetuk PPKBD dan sub PPKBD yang bertujuan untuk menyukseskan program KKBPK dan berperan serta untuk menumbuhkan, membina dan mengembangkan BKB, BKR, BKL, UPPKS serta Mandiri.

Beliau juga menambahkan bahwa pelaksanaan Program KKBPK di suatu desa/Kelurahan tidak mungkin bisa maksimal tanpa dukungan dari PPKBD dan Sub PPKBD, oleh karena itu beliau berharap kader PPKBD dan Sub PPKBD mendukung secara penuh program tersebut dan semakin ditingkatkan kinerjanya.

Program Keluarga Berencana ( KB ) sesungguhnya bukan bertujuan untuk mengurangi jumlah penduduk, tujuan yang sebenarnya adalah mengendalikan pertumbuhan penduduk serta meningkatkan keluarga kecil berkualitas sehingga bermanfaat bagi kesehatan Ibu dan Anak sekaligus mengakhiri sambutannya.



Tinggalkan Balasan