SOSIALISASI PROGRAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK DAN KELUARGA BERENCANA

     

 

 

 

 

 

BONDOWOSO; Dinas PP dan KB Kabupaten Bondowoso, Senin 16 April 2018 Mengadakan kegiatan sosialisi  Program  “Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana”.  Kegiatan yang bertempat di Sabha Bina Praja I dihadiri 350 peserta terdiri dari Perwakilan dinas lintas sector terkait, LSM/LSOM, Profesi (IDI/IBI), PKK , Penyuluh KB , Kader PPKBD se Kabupaten Bondowoso dan mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

Acara yang dibuka langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Bondowoso Drs. H. Agung Trihandono, SH, MM, memberi sedikit pengarahan tentang pengendalian penduduk sebagi bonus demografi kependudukan, bahwa kuantitas penduduk yang tumbuh  harus seimbang dengan pertumbuhan penduduk dengan tingkat kesehatan yang prima, pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan sektor pembangunan  lainnya. Dijelaskan pula untuk menyongsong bonus demografi kependudkan maka masyarakat bondowoso dapat mewujudkan peningkatan penduduk produktif baik penduduk usia muda maupun usia lansia.

Dra. Nunung Setianingsih, MM selaku Kepala Dinas PP dan KB dalam laporanya menjelaskan maksud tujuan sosialisasi Program Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana adalah memberikan pemahaman, menyamakan persepsi  tentang program PP dan KB secara utuh dan membangkitkan semangat membangun bersama kepedulian terhadap pelaksanaan program PP Dan KB. Beliau juga menjelaskan bahwa terhadap evaluasi progarm tahun 2017 telah menunjukan keberhasilan yang baik maka untuk ditindak lanjuti program dan kegiatan di tahun 2018 dapat dipertahankan dan ditingkatkan searah dengan kebutuhan masyarakat dalam menyongsong era globalisasi  pembangunan manunsia indonesia seutuhnya.

    

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Setowati,S.Sos menjelaskan pemaparan materi bahwa tahun 2018 fokus terhadap perlindungan anak, menuju kabupaten layak anak dengan mengoptimalkan pembentukan forum anak ditingkat desa, sehingga kasus kasus perlakuan terhadap anak yang tidak semestinya dapat dicegah.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Apipudin Mustopa, S.Sos, menjelaskan operasional  Program KB dan Pengendalian Penduduk; bahwa peran dari steak holder, penyuluh KKBPK dan Kader PPKBD dalam mejalankan Operasional Program KB Dan Pengendalian Penduduk sangat menentukan sekali  terhadap keberhasilan program. Era keterbukaan kebijakan public harus dipahami oleh semua pihak, sehingga dalam menjalankan tugas sehari hari Penyuluh KKBPK dan Kader PPKBD melaksanakan bimbingan kepada keluarga keluarga indonesia di Bondowoso melalui bimbingan dan konseling. Pada akhirnya Program KB Dan  Pengendalian Penduduk dapat berhasil dengan maksimal.

Kepala Bidang KB – KS kegiatan Bidang KBKS yang dilaksanakan pada tahun 2018 adalah kegiatan : 1.  Penyediaan Pelayanan KB dan Alkon yaitu : Pelayanan KB melalui mobil unit pelayanan KB ketersediaan alkon di masing-masing faskes; 2. Kegiatan dukungan Pelayanan KB yang terintegrasi dengan beberapa kegiatan yaitu    Bhaksos KB – IBI – Kesehatan; Pelayanan Medis Operasi Wanita ( 22 april 2018);    Kesatuan Gerak PKK – KB – Kesehatan;  TNI Manunggal KB Kesehatan; demikian pelaksanaan sosialisai Program PP dan KB dilaksanakan dengan harapan keluarga  Bondowoso mewujudkan keluarga yang sejahtera

#(APIPUDIN MUSTOPA).

 



Tinggalkan Balasan